Tips membuka usaha minimarket mandiri Non Franchise

Tips membuka usaha minimarket mandiri ( Non Franchise )

Tips membuka usaha minimarket mandiri Non Franchise – Apakah anda takut untuk bersaing dengan minimarket-minimarket franchise ? Kita semua tau saat ini usaha minimarket semakin menjamur. Di setiap perumahan, bahkan di pelosok-pelosok desa ada minimarket-minimarket ini. Lalu apakah dengan begitu anda harus pesimis membuka usaha minimarket mandri ? Disini saya akan memberikan beberapa tips atau tahapan-tahapan untuk membuka sebuah usaha minimarket mandiri. Cek di bawah ini gaess :

 

  • Mengenal Segmen Pasar

Ada baiknya anda melakukan riset sederhana mengenai demografi penduduk sekitar calon lokasi yang akan anda pilih untuk memulai bisnis ini. Kemudian tidak ada salahnya untuk mengunjungi satu per satu, misal dengan berbelanja, untuk sekedar melakukan survei barang-barang apa saja yang disediakan, seberapa lengkap, berapa harganya dan bagaimana pelayanan mereka kepada konsumen.

  • ¬†Memilih Lokasi

Usahakan untuk mencarri lokasi yang tidak banyak pesaingnya. Apakah calon lokasi anda berada disekitar kampus atau perkantoran, area kos-kosan atau bukan.

 

  • ¬†Menyiapkan Sarana Fisik

Ada 3 hal pada bagian ini; pertama menyiapkan dan atau mendirikan bangunan fisik minimarket, kedua menyiapkan rak, perkakas, furniture minimarket, dan yang ketiga adalah perekrutan tenaga operasional yang akan mengoperasikan minimarket mandiri. Logo dan nama dari usaha minimarket anda juga harus diperhatikan. Usahakan jangan terlalu menyamai minimarket-minimarket franchise. Buatlah seunik mungkin sehingga orang tertarik.

 

  • Mengisi Barang

Buatlah daftarnya terlebih dahulu, barang apa saja yang akan anda jual. Carilah barang yang banyak diminati orang dan barang yang tidak dijual di minimarket-minimarket franchise. Jual juga barang-barang yang unik. Untuk lebih menarik perhatian calon customer.

 

  • Komputerisasi Minimarket

Gunakan software kasir atau software minimarket untuk kemudahan transaksi dan pembuatan laporan harian, bulanan dan tahunan. Cek artikel saya tentang software minimarket.

 

  • Strategi Penjualan

Menentukan harga jual dari semua item barang yang kita pajang di minimarket merupakan salah satu strategi penjualan yang harus kita pikirkan secara cermat. Usahakan harga yang ada tentukan sedikit lebih murah dari minimarket-minimarket lain. Itu akan membantu anda juga untuk meraih simpati customer untuk selalu belanja di tempat anda.

 

  • Promosi

Lakukan promosi dengan menyebarkan brosur, melalui internet marketing juga sangat disarankan, adakan acara di sekitar minimarket anda dan jangan lupa beri diskon dalam masa-masa promosi anda.

 

Mungkin itu saja yang bias saya bagi tentang tips menjalankan usaha minimarket mandiri. Selamat mencoba dan sambutlah keberhasilan anda !

Incoming search terms:

Be Sociable, Share!

Tagged with:

Filed under: Software KasirTips usaha minimarket

Like this post? Subscribe to my RSS feed and get loads more!